Olympic Stadium-Kanada

Stadion Olimpiade (Perancis: Stade Olympique) adalah sebuah stadion multi-tujuan di Kanada, yang terletak di distrik Hochelaga-Maisonneuve Montreal, Quebec. Dibangun pada pertengahan 1970-an sebagai tempat utama untuk Olimpiade Musim Panas 1976, ia dijuluki "The Big O", referensi untuk kedua nama dan untuk donat-bentuk komponen permanen atap stadion. Nama, "The Big
Berutang", juga telah digunakan untuk referensi biaya astronomi stadion dan Olimpiade 1976 secara keseluruhan. Stadion ini adalah yang terbesar dengan kapasitas tempat duduk di Kanada. Setelah Olimpiade, rumput buatan dipasang dan menjadi rumah bisbol dan sepak bola profesional tim Montreal. The Alouettes dari CFL pindah pertandingan musim reguler mereka ke tempat yang lebih kecil pada tahun 1998, tetapi menggunakan Stadion Olimpiade untuk playoff dan pertandingan Piala Grey. Setelah musim bisbol 2004, Expo pindah ke Washington, DC, meninggalkan stadion tanpa penyewa utama, dan dengan sejarah masalah keuangan dan struktural, itu sebagian besar dipandang sebagai gajah putih. Stadion saat ini menjabat sebagai fasilitas serbaguna untuk acara khusus (misalnya konser, pameran dagang) dengan kapasitas tempat duduk 65.255. Dampak Major League Soccer (MLS) menggunakan tempat pada kesempatan, ketika kapasitas yang lebih besar diperlukan atau ketika cuaca membatasi bermain di luar pada bulan-bulan musim semi.
Dimasukkan ke dalam basis utara stadion adalah Montreal Tower, menara miring tertinggi di dunia di 175 meter (574 kaki). Stadion Olympic Park dan alasan perbatasan Maisonneuve Park, yang meliputi Montreal Botanical Garden, berdekatan dengan barat di Rue Sherbrooke (Route 138).
( en.wikipeia.org )